Sejarah Singkat Sekolah

Image

Bismillahirrohmanirrohim, semoga Alloh menerima amal baik kita dan melindungi kita dari fitnah-fitnah. Amin 99x.

                Yayasan PPKALB idayu didirikan oleh seorang kepala sekolah SMPLB yang bernama IDAYU ASTUTIK bersama seorang temannya yang berprofesi sebagai guru SLB bernama TUTIK WURYANTINI dengan akte pendirian dari notaries Ambar Pawittri, SH tanggal 14 September 2001 no. 130. Kala itu Ibu IDAYU astutik merupakan kepala sekolah di SMPLB Putra Jaya di kota Malang dan ibu tutik Wuryantini adalah guru disekolah tersebut. Dalam pemikiran ibu idayu betapa bahagianya bila bisa mempunyai sekolah yang bisa melayani anak berkebutuhan khusus dengan segala fasilitas yang memadai. Dengan berlandaskan hal tersebut dengan ’BISMILLAHIRROHMANIRROHIM’ bu Idayu mengajak bu Tutik untuk mendirikan SLB dengan modal yang tidak banyak. Dimulai dengan pembelajaran di garasi rumah milik bu idayu maka pada bulan Desember tahun 2001 SLB IDAYU mulai menerima anak berkebutuhan khusus yang ada di sekitar sekolah.

Pada awal pelaksanaan pembelajaran siswa SLB IDAYU terdiri dari 11 siswa dan memiliki 2 guru, yaitu Bu Tutik dan Pak Agung. Pak Agung adalah adik bu Idayu (saat ini sebagai pimpinan cabang bank swasta di malang). Siswa SLB idayu 80% merupakan orang tidak mampu. Karena keterbatasan ekonomi orang tua yang tidak mampu memberi transport anaknya, maka setiap hari bu Tutik dan pak Agung harus antar jemput siswa agar anak itu bisa masuk sekolah. Meskipun belajar digarasi siswa tetap semangat mengikuti pembelajaran begitupun juga gurunya. Dua tahun berjalan siswa mulai bertambah menjadi 20 anakdan terus meningkat sampai 55 anak pada tahun 2004, guru juga bertambah menjadi 3 orang. Semakin banyak siswa sehingga membutuhkan ruangan baru sehingga pembelajaran ketrampilan dilakukan diruang tamu dan untuk terapi dan konsultasi di ruang tidur.

Pendiri YPPKALB tidak berhenti sampai disini saja tapi terus berpikir untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan fasilitas yang memadai untuk proses belajar mengajar. Pada tahun 2004 ibu Idayu kedatangan tamu dari Jakarta bernama bapak Harry Sanyoto (waktu telepon kemudian ke SLB IDAYU, Bu. Idayu belum kenal dengan bapak Harry) yang menyarankan membeli tanah seluas + 3000m2 agar dapat mengajukan bantuan gedung sekolah baru dari pemerintah. Ibu Idayu menyampaikan uangnya tidak mencukupi, kemudian bapak Harry menyampaikan keinginan membantu “separuh dari harga tanah tersebut. Karena bantuan tersebut, akhirnya terwujud pembelian tanah 3000m2 di jl. Raya Asrikaton(tanah beserta penyiapan infrastruktur senilai + Rp. 250.000.000,00). Padatahun 2005 itu juga Bapak Harry bergabung menjadi pengurus Yayasan PPKALB IDAYUsebagai ketua I. Selanjutnya tanah yang dibeli oleh Ibu Idayu dan Bapak Harry tersebut dihibahkan ke Yayasan PPKALB Idayu “dengan ikhlas tanpa paksaan juga atas kesadaran pribadi” dengan surat hibah no. 26 hari senin tanggal 31 Januari 2005 dengan notaris Luluk Wafiroh yang beralamatkan di Jl. Cengger Ayam No. 40, Malang. Selama proses berkembang, SLB IDAYU terus berkarya dan berprestasi sehinggga pada tahun 2005 dapat bantuan dari pemerintah berupa gedung sekolah baru. Dan gedung sekolah baru itu di bangun diatas tanah seluas 3000m2tersebut.

Dengan mendapat bantuan gedung yang bertempat diwilayah kabupaten SLB IDAYU berkembang menjadi 2 tempat pembelajaran, 1 tempat di kota dan 1 tempat di kabupaten. Pada tahun 2006 SLB IDAYU 2 mulai beroperasi dengan jumlah murid 27 anak dengan kepala sekolah Ibu Sundari, dimana sebagian siswa adalah siswa SLB IDAYU 1 yang rumahnya didaerah Pakis. Seiring jalannya waktu siswa SLB IDAYU 1 makin bertambah banyak dan ini menuntut kita untuk menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang layak. Demi untuk meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan maka kita berusaha untuk memiliki gedung sendiri meskipun mengontrak sebuah rumah. Pada tahun 2008 sampai 2010 kita bisa menempati rumah kontrakan untuk pembelajaran sampai akhir tahun 2011 SLB IDAYU 1 mampu membeli gedung untuk proses belajar mengajar yang beralamat di Perum graha permata sulfat kav 3 jl Sekayan Bunulrejo Blimbing malang.

Di SLB IDAYU ada beberapa jenjang Yaitu SDLB, SMPLB, SMALB dan layanan terapi autism saat ini total siswa + 80 siswa dengan guru dan pegawai sebanyak 22 orang.

“14 tahun SLB IDAYU”

“Mengabdi dengan keikhlasan dan kejujuran karena Alloh SWT”


Visi

UNGGUL, TERAMPIL, MANDIRI, DAN BERAKHLAK MULIA


Misi

Untuk mewujudkan visi sekolah, SLB Idayu 1 memiliki misi sebagai berikut:


  • Sekolah menyelenggarakan pembelajaran berbasis Iptek
  • Sekolah mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila
  • Sekolah Menyelenggarakan Pembelajaran Kesenian
  • Sekolah menyelenggarakan Pelajaran Pend Agama Islam
  • Sekolah menyelenggarakan pendidikan ketrampilan
  • Sekolah menyelenggarakan pembinaan prestasi unggulan
  • Sekolah menyelenggarakan pembimbingan mutu perilaku agama
  •  Sekolah menyelenggarakan pembelajaran Budidaya Anggrek 
  • Sekolah menyelenggarakan pembelajaran Penjualan Anggrek
  • Sekolah menyelenggarkan pembelajaran Binadiri
  • Sekolah menyelenggarakan Pendidikan Agama,
  • Sekolah menyelenggarakan pembelajaran yang mengintegrasikan P5, 



Lagu Pandanglah Aku

Youtube Channel

Lokasi Sekolah

Alamat

PERUM GRAHA PERMATA SULFAT KAVLING 3 Kota Malang

Email

slbidayu1sekayan03@gmail.com

Nomor Telepon

0341494348

Managed By ABK Istimewa 2022.